REPRESENTASI KEDEKATAN HUBUNGAN IBU DAN ANAK LAKI-LAKI PADA IKLAN INDOSAT EDISI RAMADHAN "DEKATKAN JARAK, NYATAKAN SILATURAHIM"

research
  • 22 Oct
  • 2024

REPRESENTASI KEDEKATAN HUBUNGAN IBU DAN ANAK LAKI-LAKI PADA IKLAN INDOSAT EDISI RAMADHAN "DEKATKAN JARAK, NYATAKAN SILATURAHIM"

Iklan dirancang untuk menyampaikan dan menyusun pikiran konsumen yang berkaitan dengan sebuah produk. Selain iklan menyampaikan pesan berisi informasi produk, di dalam pesan iklan juga terdapat makna yang tersirat atau representasi. Salah satunya Iklan Indosat “Dekatkan Jarak, Nyatakan Silaturahim” yang mengangkat tema keluarga khususnya kedekatan ibu dan anak laki-lakinya yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, dimana saat ini generasi Z terkadang sulit terjadi karena kecanggihan teknologi yang menyita kesenangan dan melupakan hubungan dengan orang tuanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos pada Iklan Indosat Edisi Ramadhan “Dekatkan Jarak, Nyatakan Silaturahim”. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi pada Youtube yang menanyangkan iklan tersebut dan melalui dokumentasi, dengan analisa semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian dari makna denotasi, konotasi dan mitosnya. Menunjukan adanya kedekatan anak laki-laki dan ibunya tidak hanya secara fisik tetapi emosiona, adanya kepercayaan, aman, nyaman, dan rasa kasih sayang yang merupakan bentuk dari kedekatan hubungan ibu dan anak laki-lakinya.

Unduhan

  • COVER SKRIPSI.pdf

    Cover Skripsi

    •   diunduh 27x | Ukuran 1,599 KB

 

REFERENSI

Vildayanti, Rina Ayu. (2020). Analisis Strategi Mix (4p) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Jasa Periklanan Bigevo di Jakarta Selatan Tahun 2019, 3. Diakses 09 Mei 2024, dari Universitas Budi Luhur

Rosanda, Afanda Fikri. (2023). PESAN MORAL DALAM IKLAN AQUA EDISI RAMADHAN 2022 (Analisis Semiotika Roland Barthes). skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN): PONOROGO)

Rachmah, Siti Mabrur. (2022). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembeli Mie Lemonilo. Diakses 20 April 2024, dari Universitas Bina Sarana Informatika)

Kadri, W. N. (2023). REPRESENTASI GAP GENERASI DALAM IKLAN IM3 “NYATAKAN SILATURAHIM”. Komsospol, 3(2), 47–63. diakases dari https://jurnal.umko.ac.id/index.php/komsospol/article/view/1125

Pratami, Rezki. (2020). Analisis Wacana Kritis Pada Penggunaan Bahasa Asing Dalam Iklan Televisi "Floridina". 3(2). Diakses dari http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Medialog/article/view/789/565

Madja, Nur Mahmudah. (2021). Representasi Makna Iklan Mi Lemonilo Tahun 2020 Episode "Mie Hebat Untuk Keluarga Sehat" (Analisis Semiotika Charles Morris). Media Komunikasi: Univeristas Airlangga.

Yusnita, Titien. Et al. 2024. KOMUNIKASI KELUARGA: BAGAIMANA ORANG TUA BERINTERAKSI DENGAN ANAK GEN Z. (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Di akses pada 20 Juni di http://journal.umuslim.ac.id/index.php/pkm/article/view/2388/1868

Pratiwi, Heppy Atma & Wiyanti, Endang (2017). Representasi Kesetaraan Geder Pada Iklan (Tinjauan Semiotika Citra Laki-laki dalam Keluarga pada Iklan Televisi). Media: Univeristas Indraprasta PGRI. Di akses dari file:///C:/Users/ASUS/Downloads/1634-4647-1-PB.pdf

Septian, Rio at all (2021). Representasi Makna Pada Karakter “Si Delos” Dalam Maskot Pilkada Tahun 2020 (Analisis Teori Semiotika Roland Barthes). Media Penyiaran: Universitas Bina Sarana Informatika. Di akses dari https://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/699/538

Virgioni, dwinta. At all (2020). Analisis Pengaruh Konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Efektifitas Periklanan: Studi Kasus Pada PT. Tommindo Inti Prima Pangkalpinang. Management Bisnis: TIE-IBEK Bangka Belitung. Di akses dari https://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/38  

Malahayati, Nurul. (2020). Representasi Kecantikan pada Iklan Somenthic x Lifni Sanders 2020. (Skripsi Sarjana, UAIN). Diakses pada 13 Juni

Haryanto (2019). Perbedaan Generasi dalam perbedaan usia. Univeristas Atma Jaya Yogyakarya

Akbar, Mohamad Sabda Fariz. Et all (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar terhadap pembentukan Karakter Anak generasi Z. Pendidikan Dasar dan Sosial Humanior: Universitas Negeri Jakarta. Di akses dari https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/4418

Zahroh, SF (2019). Pengertian Semiotika. (Skripsi Sarjana, Esteheses IAIN Kediri)

Setiawan, Faris Dwi. 2023. Representasi Makna Intoleransi Dalam Musik Vodeo Intolerance Band Blastone (Semiotika Roland Barthes). (Skrisi Sarjana, Universitas Bina Sarana Informatika).

Kustiawan, Winda. 2022. KOMUNIKASI MASSA. Journal analytica Islamica: Universitas Islam Neger Sumatera Utara.

Eviani Putri, “Foto Diri Representasi Identitas dan Masyarakat Tontonan di Media Sosial Instrgam”, Pemikiran Sosiologi, 3 (Januari, 2016), 85 

Hidayat, Wasilatul. 2021. Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Dua Garis Biru Larya Sutradara Gina S. Noer. (Skripsi Sarjana: Universitas Pamulang)

Fahrudin, S. (2022). Implementasi Penguatan Akutanbilitas Dalam Pembangunan Zona Intergaritas di Polres Metro Bekasi Kabupaten. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta). Implementasi Penguatan Akuntabilitas Dalam Pembangunan Zona Integritas Di Polres Metro Bekasi Kabupaten - Repository UMJ

Diananda, Amita. (2020). Kelekatan anak pada orang tua dalam meningkatkan perkembangan kognitif dan harga diri. (Skripsi Sarjana, Universitas Islamic Tarbiyah.)

Whadani, DA. (2022). Bab 2, teori Kelekatan. (Skripsi Sarjana: UIN Suska.)

BUKU:

Hadi, Ido Prijana, dkk. (2019). Komunikasi Massa. Pasuruan, Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media)

Fourqoniah, Finnah dan Aransyah, Muhammad Fikry. (2020). Ajar Pengantar Periklanan. Klaten, Jawa Tengah:Penerbit Lakeisha)

Adm, Zanoor, 2020, Pengertian Televisi: Penemu, Sejarah, Fungsi & Gambar Televisi. Diakses dari https://www.zanoor.com/pengertian-televisi

Prasetya, Arif Budi. 2019. Analisis Semiotika Film dan Komunikasi., Malang, Intrans Publishing

  1. Siregar (2016). Teori Periklanan (Advertising). Ilmu Komunikasi: Universitas Medan.

Sobur, A. 2016. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hadi, Dr. Drs. Ido Prijana. Et all (2019). KOMUNIKASI MASSA. Pasuruan: Qiara Media Pambudi, Fivin Bagus Septiya (2023). Buku Ajar Semiotika. Jepara: UNISNU Press. Diakses dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=BCvoEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=buku+teori+semiotika&ots=kLySxisZML&sig=MhFc7aAWZc1REFYH6FKYF5XkHJE&redir_esc=y#v=onepage&q=buku%20teori%20semiotika&=true

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

  1. Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkunghan Sekolah dan Keluarga. (Jakarta: Bulan Bintang,tt), 17-18

Padang Mursalin dkk, Psikologi, (Jakarta: Penerbit Erlangg, 2016), h. 156. Ed.11.Jilid 2

WEBSITE:

Serupa.id. 15 November 2022. Komunikasi Massa: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Efek, Model, dsb. Diakses pada 17 April 2024, dari https://etheses.iainponorogo.ac.id/22360/1/Artikel%20Afanda%20Fikri.pdf

komunikasipraktis. Media Massa: Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Jenis-Jenis. Diakses pada 7 Mei 2024, dari https://komunikasipraktis.com/media-massa-pengertian-karakteristik-fungsi-jenis-jenis/

pakarkomunikasi.com. 19 Mei 2017. Jenis – Jenis Program Televisi dan Format Siarannya. Diakses pada 11 Mei 2024. dari https://pakarkomunikasi.com/jenis-program-televisi

Brain Academy. 21 Desember 2023. "Mengenal Generasi Boomers, X,Y,Z, dan Alpha, seperti apa kepribadiannya". diakses pada 1 Juni 2024. dari https://www.brainacademy.id/blog/karakteristik-generasi-boomers-x-y-z-alpha

Iqbal, Muhamad. (2022, 15 Juli). Media Massa Adalah: Pengertian. Karakteristik, Fungsi, Jenis, dan contoh-contohnya. Diakses pada 26 Juni 2024, dari https://lindungihutan.com/blog/media-massa adalah/#:~:text=Media%20massa%20berdasarkan%20sifatnya%20terbagi,internet%2C%20dan%20lain%2Dlain

  1. Wardani, Karakteristik Komunikasi Massa, Dikutip pada laman http://e-journal.uajy.ac.id Diakses pada Senin, 21 Maret 2022 pkl. 16.00 Wib

Kustiawan, Winda. 2022. KOMUNIKASI MASSA. Journal analytica Islamica: Universitas Islam Neger Sumatera Utara.

Abdi, Husnul. (2023, 17 Mei). Tujuan Iklan, pengertian, jenis, dan fungsinya yang perlu diketahui. Diakses pada 25 Juni 2024, dari https://www.liputan6.com/hot/read/5288208/tujuan-iklan-pengertian-jenis-dan-fungsinya-yang-perlu-diketahui?page=2

  1. Siadari. (2018). Sumber dan Jenis Data. Kumpulanpengertian.com, diakses pada 30 Juni 2024 di https://www.kumpulanpengertian.com/2018/11/sumber-dan-jenis-data.html

Wikipedia Ensiklpedia bebas. (2024, 16 Maret). Indosat. Diakses pada 29 Juni 2024, dari https://ioh.co.id/portal/id/ioh-vision-mission

Indosat Ooredoo Hutchison. Visi, Misi & Perusahaan Budaya. Diakses pada 29 Juni 2024, dari https://ioh.co.id/portal/id/ioh-vision-mission#

Yonatan. Agnes. Z. (2024). Seberapa lama Gen Z online setiap harinya?. Diakses pada 30 Juli 2024, dari https://data.goodstats.id/statistic/seberapa-lama-gen-z-online-setiap-harinya-RKeBM#:~:text=Mayoritas%20gen%20Z%20menghabiskan%201,hari%20untuk%20menggunakan%20media%20sosial.&text=Teknologi%20seolah%20menjadi%20bagian%20tak,bahkan%20sejak%20masih%20sangat%20muda.